PENERAPAN METODE SIMULASI DALAM MENINGKATAKN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS VIII SMP NEGERI LIMAN TAHUN AJARAN 2018/ 2019

  • Desi Andriwati Selan Universitas kristen aetha wacana kupang fakultas keguruan dannilmu pendidikan program studi pendidikan biologi
Keywords: desi2021

Abstract

ABSTRAK 

Permasalahan dalam penelitian ini adalah siswa belum terlibat aktif dalam mengikuti pembelajaran 

dalam kelas, karena pembelajaran masih berpusat pada guru tanpa adanya pembelajaran yang bervariatif. Tujuan 

dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan metode simulasi dan 

metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini 

adalah 30 siswa kelas VIII SMP Negeri Liman. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar 

observasi keterlaksanaan sintaks pembelajaran dan tes hasil belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan 

yaitu menghitung presentasi hasil belajar dan presentasi keterlaksanaan sintaks pembelajaran. Penelitian ini 

dilakukan dalam satu siklus yaitu Siklus I dengan empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan dan refleksi. 

Dari hasil penelitian diperoleh jumlah rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 85,3%. Sedangkan 

jumlah rata-rata untuk lembar keterlaksanaan sintaks pada siklus I adalah 87%. Proses pembelajaran dengan 

menggunakan metode simulasi sangat efektif dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa karena metode ini 

memberikan suatu permasalah bagi siswa, membuat siswa mahir dalam menyelesaikan masalah dan membantu 

siswa dalam berpartisipasi dengan tim dan membutuhkan suatu kelompok yang berguna sebagai observer yang 

mengawasi kegiatan pembelajaran yang dilakukan. Dengan demikian disimpulkan penerapan metode simulasi 

dapat meningkatkan hasil belajar siswa. 

Kata Kunci: Metode Simulasi, Dan Hasil Belajar SiswaABSTRAK
Permasalahan dalam penelitian ini adalah siswa belum terlibat aktif dalam mengikuti pembelajaran
dalam kelas, karena pembelajaran masih berpusat pada guru tanpa adanya pembelajaran yang bervariatif. Tujuan
dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan metode simulasi dan
metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini
adalah 30 siswa kelas VIII SMP Negeri Liman. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar
observasi keterlaksanaan sintaks pembelajaran dan tes hasil belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan
yaitu menghitung presentasi hasil belajar dan presentasi keterlaksanaan sintaks pembelajaran. Penelitian ini
dilakukan dalam satu siklus yaitu Siklus I dengan empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan dan refleksi.
Dari hasil penelitian diperoleh jumlah rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 85,3%. Sedangkan
jumlah rata-rata untuk lembar keterlaksanaan sintaks pada siklus I adalah 87%. Proses pembelajaran dengan
menggunakan metode simulasi sangat efektif dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa karena metode ini
memberikan suatu permasalah bagi siswa, membuat siswa mahir dalam menyelesaikan masalah dan membantu
siswa dalam berpartisipasi dengan tim dan membutuhkan suatu kelompok yang berguna sebagai observer yang
mengawasi kegiatan pembelajaran yang dilakukan. Dengan demikian disimpulkan penerapan metode simulasi
dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata Kunci: Metode Simulasi, Dan Hasil Belajar Siswa

Downloads

Download data is not yet available.

References

DAFTAR PUSTAKA
Anni CT, Achmad R,Purwanto E & Purnomo D.2006.Psikologi Belajar.Semarang : UPT
UNNES Press.
Anni, Catharina Tri, 2006. Psikologi belajar. Semarang:Universitas Negri Semarang: Press.
Arikunto, Suharsim . 2008. Penelitian Tindakan Kelas Jakarta: Sinar Grafika.
Depdiknas,2003,Undang Undang RI No. 20 Tahun 2003 tentang sistem pendidikan
Nasional.
Djamarah, Syaiful Bahri dan A. Zain. 1996. Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta.
Jakarta.
Hasibuan dan Moedjiono. 2010. Proses Belajar Mengajar.Bandung: Remaja Rosdakarya.
Hamalik, Oemar, 2008. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Sinar Grafika.
Hamalik, Oemar, 2001. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Grafika.
Hasibuan, Mujiono (2006) proses belajar mengajar. PT. Remaja Rosdakarya
Bandung.
Pardjono,(2007). Panduan Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta:Lembaga Penelitian
UNY
Pujiyatmi A. 2011. Efektivitas Metode Permainan di Dukung dengan Media
Slide Presentation pada Materi Sistem Peredan Darah diSMP N 5 Ungaran
(Skripsi). Semarang : FMIPA UNNES.
Sudjana Nana. 1999. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda
karya
Sudjana Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: RosdaKarya
Taniredja, Tukiran. 2011. Model-model Pembelajaran Inovatif.Bandung: Alfabeta.
Wardani, IGAK.2007. Penelitian Tindakan Krlas. Jakarta : Universitas Terbuka.
Wiraatmadja, R. 2005. Metode Penelitian Tindakan Kelas Untuk Meningkatkan Kinerja Guru
dan Dosen.Bandung:PT. Remaja Rasdakarya.
CROSSMARK
Published
2024-08-06
DIMENSIONS
How to Cite
Selan, D. (2024). PENERAPAN METODE SIMULASI DALAM MENINGKATAKN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS VIII SMP NEGERI LIMAN TAHUN AJARAN 2018/ 2019. INDIGENOUS BIOLOGI : JURNAL PENDIDIKAN DAN SAINS BIOLOGI, 6(2), 89-96. https://doi.org/10.33323/indigenous.v6i2.162